Rabu, 30 November 2022

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN ONLINE SHOP BAGI MASYARAKAT DI ERA GLOBALISASI

 

 


 


 

Di era globalisasi ini perkembangan teknologi semakin pesat, sekarang semua kalangan menggunakan teknologi dalam kehidupan sehari-hari mereka. Perkembangan ini di iringi oleh perkembangan dibidang telekomunikasi seperti telepon genggam (handphone) yang sudah berkembang pesat menjadi telepon pintar (smartphone), dimana internet dapat mudah diakses melalui telephone pintar atau smartphone. Melihat dari perkembangan ini, internet dapat menjadi sebuah pasar yang potensial dimasuki oleh  para pebisnis. Dengan peluang tersebut para pebisnis memanfaatkan dan menggunakan internet sebagai sarana bisnis yang mana memberikan kebebasan dan keleluasaan bagi para pelaku bisnis untuk menjalankan usahanya dimanapun dan kapan pun tanpa mengenal batasan tempat dan waktu. Situasi tersebut dimanfaatkan oleh penyedia layanan untuk mengembangkan bisnis mereka melalui e-commerce yang salah satu bentuknya adalah online shop .

 Secara garis besar Online shop atau toko online sendiri dapat diartikan sebagai salah satu sarana atau tempat alternatif bagi para penjual untuk memperdagangkan barang jualannya tanpa harus turun langsung di lapangan untuk manawarkannya kepada pembeli yang biasanya diakses melalui situs online seperti facebook, instagram, shopee, tokopedia, blibli, lazada dan lainnya dengan melakukan pembayaran kepada penjual melalui rekening bank yang bersangkutan dan bisa juga pembayaran dilakukan setelah barang yang dipesan oleh konsumen diterima di tempat.. Banyak masyarakat yang lebih memilih membeli barang barang kebutuhannya di online shop karena selain penggunaannya yang praktis online shop juga memberikan kemudahan dalam berbelanja tanpa harus keluar rumah. Sehingga memungkinkan kita untuk mengerjakan pekerjaan lain yang lebih penting tanpa ada yang terhambat. Online shop dipercaya telah merubah sudut pandang konsumen dalam berbelanja.

 Menurut laporan survei Status Literasi Digital Indonesia 2021 yang dirilis Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Katadata Insight Center (KIC), hanya ada 20,8% responden yang sering berbelanja online, dan yang sangat sering hanya 2,8%..  Meskipun kenyataannya secara umum layanan media online yang ada pada saat ini telah mendunia, tetapi faktanya masih ada sebagian dikalangan masyarakat yang lebih memilih untuk tidak menggunakan online shop dan lebih memilih untuk belanja langsung ditempatnya. Dalam kaitannya dalam online shop, ada juga faktor faktor lain yang dapat mempengaruhi seorang konsumen dalam keputusan pembelian dalam online shop.

Lantas faktor apa sajakah yang dapat mempengaruhi penggunaan online shop bagi masyarakat? Menurut (Rangkuti, 2009) bahwa faktor yang mempengaruhi keputusan membeli di online shop adalah kualitas produk, kemudahan, harga, kualitas informasi, dan kepercayaan konsumen. Faktor kualitas produk dan kemudahan merupakan faktor dominan yang mempengaruhi keputusan membeli di online shop. Faktor kualitas produk merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan membeli. Faktor ini paling dominan dibandingkan faktor-faktor yang lain disebabkan karena kualitas produk adalah salah faktor utama kriteria pilihan konsumen dalam melakukan pembelian di online shop. Kualitas membuat suatu perusahaan atau organisasi yang menghasilkan produk dapat dikenal dan dipercaya masyarakat luas. Kualitas produk dapat dikatakan sebagai kemampuan suatu produk untuk melaksanakan fungsinya seperti kesesuaian yang berarti jika semakin besar frekuensi pemakaian konsumen terhadap produk maka semakin besar pula daya tahan produk., bentuk produk, desain produk, dan gaya atau penampilan produk yang dapat mempengaruhi kinerja jangka panjang suatu unit bisnis. conformance (kesesuaian), durability (ketahanan), reliability (keandalan), form (bentuk), design (desain), dan style (penampilan produk). Keenam indikator tersebut adalah hal penting dalam menentukan keputusan membeli di online shop Kemudahan dalam penggunaan adalah salah satu hal yang menjadi pertimbangan bagi pembeli online shop. Trend jual beli saat ini semakin marak dengan kegiatan online yang tidak merepotkan penggunanya. Kemudahan dalam mempelajari, menggunakan, pengoprasian sesuai dengan apa yang diinginkan dan penggunaanya yang fleksibel merupakan alasan konsumen untuk memilih dalam belanja online. Kelebihan-kelebihan dari Online Shop inilah yang menyebabkan bisnis online menjadi trend. Selain itu Pendapatan seseorang mempengaruhi pengeluaran seseorang, dan juga dapat mempengaruhi Minat belanja Online. Untuk berbelanja, seseorang harus memiliki uang sebagai harga untuk mengganti nilai barang yang mereka inginkan. penggunaan online shop juga sudah pasti memiliki beberapa dampak yang ditimbulkan antaranya adalah sebagai berikut.

Dampak positif :

1.     Belanja Lebih Mudah dan banyak pilihan

        Belanja yang biasanya pergi ke toko untuk melihat barangnya dan membandingkan barangnya secara langsung. Kini hanya dengan kita membuka aplikasi kita dapat memilih barang yang kita inginkan. Yang biasanya kita dari toko satu ke toko lainnya untuk membeli barang yang berbeda, sekarang kita hanya sekali transaksi untuk membayar beragam barang yang dibutuhkan. Referensi harga yang lebih banyak dan hemat waktu Dengan satu aplikasi kita dapat membandingkan harga dengan cara mencantumkan harga barang yang kita cari, kemudian akan muncul barangnya dari berbagai toko. Maka kita dapat membandingkannya secara cepat dan efisien. Dibandingkan dengan kita membandingkan dari toko yang satu dengan toko yang lain, belum lagi barang yang berada di toko tersebut masih tersedia atau sudah habis, hal tersebut akan membuang-buang waktu.

 

2.     Mempermudah akses pembelian barang secara global

      Barang yang dijualkan di aplikasi online biasanya berasal dari dalam negeri, namun kita dapat membeli produk luar negeri dengan mudah menggunakan aplikasi yang sudah diizinkan oleh pemerintah untuk kita akses. Cara pembayarannya juga mudah melalui pilihan-pilihan pembayaran. Sehingga kita dapat memiliki produk yang sesuai dengan kebutuhan diri kita.

Dampak negatif :

1.      Barang yang diterima tidak sesuai dengan keinginan

         Sebagian konsumen pernah merasakan bagaimana produk yang ditampilkan tidak sesuai dengan produk yang penjual kirim. Dalam hal kecacatan produk, ukuran yang tidak sesuai, barang yang diberikan palsu dan lain-lain. Hal tersebut dapat merugikan konsumen karena kebutuhannya tidak terpenuhi, tidak dapat digunakan dan membuat uang yang kita gunakan menjadi sia-sia.

 

2.      Perilaku konsumtif

     Sebagian mahasiswa mengakui bahwa perilaku konsumtif muncul ketika pada saat potongan harga yang tidak wajar ditampilkan sesuai dengan musim-musim yang ada. Misalkan pada tanggal cantik yaitu 11 november (11.11), mereka mengeluarkan potongan hingga harga yang ditampilkan hanya sebelas rupiah dengan cara setelah kita membayar seluruhnya diundi dan ketika kita tidak dapat uang itu akan dikembalikan serta harga barang hingga sepuluh ribu rupiah saja untuk produk tertentu. Hal tersebut adalah keinginan sesaat dan membuat kita ingin membelinya, namun ketika barang itu sampai di rumah kita. Kita tidak mengetahui apa kegunaanya bagi kita saat itu dan membuat barang itu tidak tepakai oleh kita.

Dari dampak tersebut dapat diberikan solusi yaitu:

·         Memperhitungkan segala pengeluaran dengan bijaksana

kita sebagai pegguna online shop harus selektif dengan menggunakan uang kita. Karena keperluan kita itu bisa dikatakan serba mendadak. Ketika kita ingin membeli sesuatu lebih baik di masukan ke wishlist atau memang menjadi keinginan yang ingin dicapai lebih baik menunda satu sampai dua hari, sehingga kita dapat memikirkan dengan matang-matang apakah barang tersebut penting bagi kita atau hanya keinginan sesaat.

 

·         Melihat peringkat dalam toko

Peringkat didapatkan ketika ada konsumen yang membeli barang di toko tersebut, menjelaskan di kolom komentar bagaimana pelayanan di toko tersebut serta bagaimana kualitas produk yang dijual oleh toko tersebut. Sehingga dapat membantu konsumen lain untuk membeli barang pada toko tersebut dan mendapatkan barang yang diinginkan oleh kita.

·         Mempertimbangkan pembelian produk atau barang saat belanja online

Ketika kita sedang menggunakan aplikasi belanja online dan menginginkan barang dari toko tersebut, sebaiknya dipikirkan dengan matang-matang dan menaruh produk tersebut di bagian wistlist. Kita harus membuat daftar prioritas untuk keperluan pribadi, sekolah dan kebutuhan lainnya. Sehingga kita dapat mengurangi pengeluaran yang tidak seharusnya.

 

dapat disimpulkan secara bersama-sama variabel produk, harga, promosi, kemudahan pembelian, dan kepercayaan berpengaruh secara signifikan terhadap variabel minat beli online. Kedua, secara parsial variabel yang berpengaruh terhadap minat beli online antara lain harga, promosi, dan kepercayaan. Sedangkan variabel produk dan kemudahan pembelian tidak memiliki pengaruh terhadap minat beli online konsumen


Penulis: Najwa Dwi Ariesty Maharani

Editor: Muh. Nuruddin Y. A.

 

                                                                                     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resensi Lagu Pluto Projector By Rex Orange County

  Artis: Rex Orange County Dirilis: 2019 Album: Pony Genre: Alternatif/Indie Rsensi Lagu: Lagu ‘Pluto Projector’ milik Rex Orange ...