Senin, 12 Desember 2022

Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran

        Teknologi Informasi saat ini sangat berkembang di masyarakat. Perkembangan TIK pun terus meningkat seiring dengan meningkatnya kebutuhan manusia. Dengan adanya teknologi informasi dapat memudahkan kita untuk belajar dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan dari mana saja, kapan saja, dan dari siapa saja.

        Berkembangnya kemajuan Teknologi Informasi dan komunikasi (TIK) dewasa ini telah memberi pengaruh besar dalam seluruh aspek kehidupan, termasuk dunia pendidikan. Pengembangan dan pemanfaatan TIK dalam dunia pendidikan dapat menjadikan reformasi sistem pendidikan menjadi lebih baik. Kemajuan teknologi informasi menjadikan manusia dalam berhubungan dengan pihak lain seakan tidak lagi dibatasi oleh waktu dan tempat. Kapanpun dan dimanapun manusia dengan perangkat teknologi tersebut bisa menjalin hubungan, mendapatkan informasi, dan menyebarkan informasi kepada orang lain.

        Akan tetapi, perlu kita ketahui bahwa selain memajukan peradaban manusia, teknologi informasi juga bisa merusak moral. Bahkan dikatakan bahwa perkembangan teknologi informasi merupakan biang keladi perubahan moral generasi muda. Bukan berarti kita harus tidak peduli terhadap perkembangan teknologi informasi, tetapi kita harus lebih berhati-hati dalam menggunakan teknologi informasi dengan carar memanfaatkan teknologi informasi sebagai salah satu metode pembelajaran.

        Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam Pendidikan bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Salah satu yang menjadi priositas perhatian Pendidikan untuk ditingkatkan adalah kualitas Pendidikan, khususnya pada kualitas pembelajaran. Upaya yang bisa dilakukan untuk menigkatkan kualitas pembelajaran tesebut yaitu dengan mengembangkan pembelajaran yang berorientasi pada pengajar.

        Pembelajaran yang berorientasi pada pembelajar dapat dilakukan dengan membangun sistem pembelajran yang memungkinkan pembelajar untuk mempunyai kemampuan belajar lebih menarik, interaktif, dan bervariasi. Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, upaya peningkatan kualitas pembelajaran dapat dilakukan dengan cara pemanfaatan teknologi tersebut dalam suatu sistem yang dikenal dengan pembelajaran digital.

        Digital learning atau pembelajaran digital berkembang sebagai upaya dalam mewujudkan sistem pendidikan terpadu dengan membangun konektivitas antar komponen dalam bidang pendidikan sehingga pendidikan akan lebih fleksibel dan dinamis. Pembelajaran digital memberi kontribusi secara kuantitas terhadap interaksi belajar mengajar (Shearer, 2003). Dahulu, sebagian besar pembelajaran dilaksanakan dengan tatap muka langsung (pembelajaran konvensional) dengan pembelajar. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan teknologi, informasi, komunikasi yang semakin pesat dan canggih trend juga berubah. Ruang lingkup kompetensi bagi seorang pendidik dalam pembelajaran digital meliputi perencanaan serta pengorganisasian pembelajaran, keterampilan penyajian baik verbal maupun non verbal, team work, keahlian dalam penguasaan materi pembelajaran, melibatkan pembelajar dalam pembelajaran serta koordinasi aktivitas lainnya, pengetahuan tentang teori belajar, pengetahuan tentang pembelajaran digital, pengetahuan tentang perencanaan pembelajaran, dan penguasaan media pembelajaran.

        Salah satu pengaplikasian pembelajaran digital pada abad ke-21 saat ini adalah melalui pembelajaran berbasis mobile (mobile learning). Mobile learning disebut juga M-learning, didefinisikan sebagai pembelajaran yang disampaikan (didukung) teknologi mobile (Traxler, 2007). Berdasarkan kondisi di lapangan bahwa generasi Milenial fasih teknologi, tech-savvy, web-savvy, appfriendly generation mereka disebut sebagai generasi digital yang gandrung akan teknologi infromasi. Sejak kecil mereka sudah mengenal teknologi dan dekat dengan gawai canggih yang secara tidak langsung berpengaruh terhadap kepribadian mereka. Maka penerapan mobile learning dalam pembelajaran akan sangat menarik minat pembelajar dalam belajar mengingat mereka sangat terikat dengan gawai.

        Pembelajaran digital menjadi lebih efektif serta memberikan manfaat dibandingkan pembelajaran konvensional secara tatap muka langsung (face to face) apabila strategi pembelajarannya tepat dan benar. Pembelajaran digital melalui mobile learning bukan hanya sekedar mengikuti trend global. Namun merupakan sebuah langkah strategis dalam upaya meningkatkan akses serta mutu layanan pendidikan. Model pembelajaran digital serta konten digital ini dikembangkan untuk mengatasi kesenjangan pendidikan dan meningkatkan mutu pendidikan itu sendiri. Mengingat bahwa seorang pendidik harus memiliki keterampilan sosial dan salah satu kompetensi sosial yang harus dimiliki oleh seorang pendidik adalah memanfaatkan Information and Communication Technology (ICT) untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri. Maka kompetensi digital ini dibangun supaya sumber daya manusia khususnya pendidik (pengajar) dan pembelajar dapat menguasai teknologi digital.

 

 



Penulis: Azwa Yurizka

Editor: Afiqah Nazifatul Latif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resensi Lagu Pluto Projector By Rex Orange County

  Artis: Rex Orange County Dirilis: 2019 Album: Pony Genre: Alternatif/Indie Rsensi Lagu: Lagu ‘Pluto Projector’ milik Rex Orange ...