Selasa, 29 November 2022

Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Pendidikan




      Masyarakat dan lingkungan sosial tidaklah bisa dipisahkan, sebagaimana kita ketahui bahwa manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu dan yang lainnya. Dalam ilmu sosiolog dikemukakan bahwa manusia adalah mahluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri, manusia harus saling berkomunikasi dan berinteraksi langsung antar sesama. Namun jika kita melihat fakta yang ada, kehidupan sosial masyarakat saat ini, sepertinya istilah makhluk sosial yang berunsurkan interaksi dan komunikasi langsung mesti ditelaah dan dikaji ulang.

Teknologi adalah berbagai keperluan serta sarana berbentuk aneka macam peralatan atau sistem yang berfungsi untuk memberikan kenyamanan serta kemudahan bagi manusia. Teknologi berasal dari kata technologia (bahasa Yunani) techno artinya ‘keahlian’ dan logia artinya ‘pengetahuan’. Pada awalnya makna teknologi terbatas pada benda-benda berwujud seperti peralatan-peralatan atau mesin. Seiring berjalannya waktu makna teknologi mengalami perluasan, ia tidak terbatas pada benda berwujud, melainkan juga benda tak berwujud. Semisal perangkat lunak, metode pembelajaran, metode bisnis, pertanian dan lain sebagainya.(1, 2018)

Teknologi pada intinya adalah alat-alat ciptaan manusia yang ditemukan untuk memudahkan manusia menjalankan aktivitas kehidupannya. Tetapi pada kenyataannya saat ini, teknologi tidak hanya memiliki fungsi seperti demikian. Teknologi sekarang menjelma menjadi bagian hidup dan gaya hidup dari setiap manusia itu sendiri, banyak fungsi teknologi yang bisa dimanfaatkan oleh manusia.

Teknologi merupakan hasil dari perkembangan ilmu pengetahuan, yang terjadi di dunia pendidikan. Oleh karena itu, sudah selayaknya pendidikan sendiri juga memanfaatkan teknologi untuk membantu pelaksanaan pembelajaran. Hal ini sesuai dengan pendapat Tondeur et al (dalam Selwyn, 2011) yang menyatakan bahwa teknologi digital kini sudah mulai digunakan di dalam lembaga pendidikan sebagai sarana untuk mendukung pembelajaran, baik sebagai alat informasi (yaitu sebagai sarana mengakses informasi) atau sebagai alat pembelajaran (yaitu sebagai sarana penunjang kegiatan belajar dan tugas).

Penggunaan teknologi dalam pembelajaran bukanlah hal yang asing di masyarakat saat ini. Seperti halnya di sekolah internasional mereka tidak lagi menggunakan kertas dalam pembelajaran tetapi sudah beralih pada komputer sebagai sarana pembelajaran. Dalam teknologi informasi juga menyediakan aplikasi dan informasi yang dapat membantu siswa dalam pembelajaran.d

Hasil studi terbaru membuktikan lebih banyak pelajar Indonesia yang menggunakan teknologi di dalam kelas, dibandingkan dengan pelajar di negara-negara lain, termasuk di negara-negara yang lebih maju. Pelajar Indonesia adalah yang tertinggi secara global dalam penggunaan ruang komputer (40%). Mereka juga menduduki peringkat kedua tertinggi di dunia dalam penggunaan komputer desktop (54%), setelah Amerika Serikat. Di samping itu, lebih dari dua pertiga siswa Indonesia (67%) menggunakan ponsel pintar di kelas, dan bahkan lebih banyak menggunakannya untuk mengerjakan pekerjaan rumah (81%).

 

Berdasarkan fakta penelitian tersebut telah di ketahui bahwa penggunaan teknologi sebagai sarana pembelajaran sangat di minati banyak orang. Sebab penggunaan nya yang simpel. Selain itu di dalam teknologi informasi banyak aplikasi yang di sediakan bagi siswa untuk membantu dalam pembelajaran mulai dari quipper, edmodo, dan Kahoot, ruang guru dan sebagainya.

 

Pemanfaatan Teknologi Informasi sebagai sarana pembelajaran juga memiliki dampak bagi penggunanya, baik dampak positif maupun negatif nya. Teknologi informasi telah menjadi fasihan pengalihan buku, guru dan sistem pengajaran yang sebelumnya konvensional. Penyebab Teknologi Informasi ilmu pengetahuan dalam tumbuh dan berkembang. Namun, TIK juga memiliki dampak positif dan negatif terhadap kehidupan, salah satu yang menonjol adalah di bidang pendidikan.


Berikut ini terdapat beberapa dampak teknologi informasi dalam bidang pendidikan, terdiri atas:

 

·         Dampak positif nya teknologi informasi dalam pembelajaran yaitu:

1.       Informasi yang dibutuhkan untuk menjadi lebih cepat dan lebih mudah dalam mengakses tujuan pendidikan.

2.      Inovasi dalam pembelajaran tumbuh di hadapan e-learning inovasi yang lebih memudahkan proses pendidikan.

3.      Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber pengetahuan dan pendidikan pusat.

4.      Munculnya metode pembelajaran yang baru, yang memungkinkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi menciptakan metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi yang abstrak, karena materi dapat dibuat dengan bantuan teknologi abstrak.

5.      Berbagi hasil penelitian, penelitian yang dipublikasikan dalam internet akan mudah digunakan oleh orang lain di seluruh penjuru dunia dengan cepat.

6.      Konsultasi dengan ahli, konsultasi ahli di bidang undangan dapat dilakukan dengan mudah bahkan jika para ahli sangat banyak di tempat.

7.      Perpustakaan online, perpustakaan online adalah perpustakaan dalam bentuk digital.

·         Dampak negatif yang ditimbulkan dari penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi yaitu:

1.        Kemajuan TI akan semakin memudahkan pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI) karena akses mudah ke data yang menyebabkan orang plagiatis akan melakukan kecurangan.

2.       Meskipun sistem administrasi suatu lembaga pendidikan seperti sistem tanpa celah, tetapi jika ada kecerobohan dalam menjalankan sistem tersebut akan berakibat fatal.
Salah satu dampak negatif televisi adalah melatih anak untuk berpikir pendek dan bertahan berkonsentrasi dalam waktu yang singkat (jangka pendek perhatian).

3.       Tes Program kerahasiaan semakin terancam tes kecerdasan seperti tes Raven, Differential Uji bakat dapat diakses melalui compact disk. Implikasi dan masalah tes psikologis yang ada akan mudah bocor, dan pengembangan tes psikologi harus berpacu dengan tingkat kebocoran melalui internet.

4.       Penyalahgunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak pidana. Kita tahu bahwa kemajuan di bidang pendidikan juga mencetak generasi e-book tinggi berpengetahuan tetapi moral yang rendah. Misalnya, dengan ilmu komputer yang tinggi maka orang akan mencoba untuk menerobos sistem perbankan dan lain-lain.

5.       Tidak membuat TI sebagai media atau sarana hanya dalam belajar, misalnya, kita tidak hanya men-download, tapi masih membeli buku cetak, tidak hanya mengunjungi perpustakaan digital, tetapi juga masih mengunjungi perpustakaan.

6.       Pertimbangkan penggunaan TI dalam pendidikan, khususnya bagi anak-anak yang masih berada dalam kendali sementara membuat pembelajaran dengan TI. Analisis pro dan kontra penggunaan.

Oleh karena itu,  sebagi pelajar maupun pengajar harus menggunakan Teknologi dengan bijak agar tidak terjadi hal-hal yang akan merugikan diri sendiri bahkan orang lain.

Banyak nya dampak negatif yang di timbulkan dari penggunaan Teknologi Informasi sebagai sarana pembelajaran  dapat kita cegah dengan Upaya mempertimbangkan pemakaian teknologi dan alat komunikasi dalam pendidikan, khusunya untuk anak di bawah umur yang masih memerlukan pengawasan ketika melakukan pembelajaran dengan teknologi informasi, tidak menjadikan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media satu-satunya dalam proses pembelajaran; ketiga, pihak pendidik baik guru, dosen, maupun orang tua memberikan pelajaran etika dalam berteknologi agar dapat menggunakan teknologi secara bijak tanpa meninggalkan etika. (Noviani2, 2019)

Pemerintah sebagai pengendali sistem informasi dan pemangku kepentingan, seharusnya bisa lebih tegas terhadap para pemilik perusahaan aplikasi yang terdapat di alat-alat teknologi seperti: facebook, instagram, youtube, twitter, dan lain-lain dengan membuat peraturan yang membatasi akses informasi terhadap anak-anak di bawah umur. (Noviani2, 2019)

Oleh karena itu, marilah kita bijak dalam menggunakan Teknologi yang di sediakan agar teknologi tersebut dapat terus berkembang.


Penulis: Diva Puspa Ahmad

Editor: Faza Nur Aulia Suraya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resensi Lagu Pluto Projector By Rex Orange County

  Artis: Rex Orange County Dirilis: 2019 Album: Pony Genre: Alternatif/Indie Rsensi Lagu: Lagu ‘Pluto Projector’ milik Rex Orange ...